RSS

Cara Mudah Membuat Peta Tematik

SIG (Sistem Informasi Geografis) adalah informasi yang berkaitan dengan aspek Geografis, seperti : luas wilayah, ketinggian lahan, kemiringan lahan, dsb. Informasi tentang SIG dalam bentuk peta tematik. Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk pengolahan SIG seperti Arcview yang dibuat oleh ESRI, lalu ada Mapinfo yang dibuat oleh Pitney Bowes atau bisa menggunakan layanan WebGIS yang dibuat oleh Google. Masalahnya bagi sebagian orang penggunaan software diatas dirasakan cukup sulit karena harus belajar banyak.

Berawal dari sini, muncul ide untuk membuat widget GIS yang dapat membuat peta tematik dengan cepat dan mudah, tanpa harus pusing belajar aplikasi GIS. Hasil yang didapat dari menggunakan widget GIS tidak hanya peta tematik saja, tapi juga grafik.

Pengguna widget GIS dapat menyusun baris data dalam satu file, cukup menggunakan notepad saja. Kemudian simpan data yang telah dibuat dalam satu folder dengan widget GIS.  Sekarang jalankan widget, lalu masukkan nama file pada kotak isian. Tekan tombol map, maka widget GIS akan mencari file data dan segera mengolah data serta menampilkan hasil dalam bentuk peta tematik.

Beberapa keuntungan menggunakan Widget GIS :
  1. MUDAH dalam pengoperasiannya.
  2. PRAKTIS dalam menyusun datanya, cukup 1 file saja.
  3. CEPAT menampilkan hasilnya,
  4. INTERAKTIF dan mudah diupdate datanya.


Artikel terkait penggunaan widget GIS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar